Manajemen Konflik di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Randi Muliardi, 170503123 (2019) Manajemen Konflik di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penelitian manajemen konflik yang bertujuan untuk mengetahui konflik apa saja yang terjadi, strategi manajemen/penyelesaian konflik yang selama ini diterapkan dan pihak yang terlibat konflik puas dengan strategi manajemen/penyelesaian konflik)
Randi Muliardi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Konflik di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik apa saja yang terjadi, strategi manajemen/penyelesaian konflik yang selama ini diterapkan dan pihak yang terlibat konflik puas dengan strategi manajemen/penyelesaian konflik di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan 9 (sembilan) orang pustakawan dengan objek/fokus penelitian adalah strategi manajemen dan pengelolaan konflik di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Proses analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa Konflik yang terjadi di perpustakaan antara lain yang paling berdampak pada pemberhentian tenaga kontrak yang mengakibatkan beban kerja para pustakawan dalam mencapai target kerja pada bidang layanan masing-masing karena harus menambah pekerjaan lainnya, juga konflik-konflik kecil lainnya seperti kesalahpahaman antarpustakawan dan kepala perpustakaan. Adapun strategi manajemen/penyelesaian yang dilakukan oleh kepala perpustakaan melalui kompromi dan musyawarah, di mana penyelesaian konflik dalam skala kecil akan langsung diselesaikan, dalam skala menegah dan berat akan dilakukan dengan cara mencari jalan tengah, dalam hal ini kepala perpustakaan akan memanggil pihak yang terlibat konflik, kemudian bertanya permasalahan yang terjadi/mencari akar permasalahan melalui rapat, dalam hal ini kepala perpustakaan akan bertanya apa kemauan yang diinginkan oleh para pustakawan kemudian melakukan evaluasi kinerja. Adapun pihak-pihak yang terlibat konflik yaitu sebagian besar pustakawan mengaku tidak puas dengan gaya manajerial penyelesaian konflik yang dilakukan oleh kepala perpustakaan, walaupun beberapa pustakawan mengaku bahwa itu tidak mengganggu layanan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Randi Muliardi
Date Deposited: 26 Dec 2019 10:42
Last Modified: 26 Dec 2019 10:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item
TOP