Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Banda Aceh

Rasmiati, 140209024 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw Terhadap Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Banda Aceh)
Full Rasmiati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian di kelas V MIN 9 Banda Aceh, penulis melihat masalah kurangnya efektifnya aktifitas siswa hingga menyebabkan hasil belajar tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Kurangnya efektifnya aktifitas siswa disebabkan karena siswa kurang aktif dan berinteraksi dalam mengemukakan pendapatnya, kurang bertanya jawab dengan gurunya, kurang memahami dan menguasai materi yang dipelajari, kurang menguasai informasi serta kurang aktif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Jigsaw tehadap aktifitas siswa kelas V MIN 9 Banda Aceh ? (2) Bagaimanakah pengaruh model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Jigsaw tehadap hasil belajar siswa kelas V MIN 9 Banda Aceh.Adapun tujuannya : (1) Untuk Mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Jigsaw tehadap aktifitas siswa kelas V MIN 9 Banda Aceh. (2) Untuk Mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Jigsaw tehadap hasil belajar siswa kelas V MIN 9 Banda Aceh.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas eksperimen memenuhi kriteria yang sangat baik memperoleh nilai 89,16% (Sangat Baik). (2) Hasil belajar siswa dikelas eksperimen menujukkkan bahwa sebelum diajarkan dengan model memperoleh nilai 0,26 < 1,70 dan setelah diajarkan dengan menggunakan model memperoleh nilai 7,63 > 1,10. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model kooperatif tipe Snowball Throwing dan Jigsaw pada tema Sejarah Peradapan Indonesia dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II :Darmiah, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Jigsaw, Aktifitas dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rasmiati Rasmiati
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:58
Last Modified: 10 Sep 2019 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9767

Actions (login required)

View Item
View Item