Keefektifan Model Learning Cylce 7E Pada Materi Interaksi Antarmolekul Di MAN 1 Aceh Barat

Heru Fernanda, 140208039 (2019) Keefektifan Model Learning Cylce 7E Pada Materi Interaksi Antarmolekul Di MAN 1 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keefektifan Model Learning Cylce 7E Pada Materi Interaksi Antarmolekul Di Man 1 Aceh Barat]
Preview
Text (Keefektifan Model Learning Cylce 7E Pada Materi Interaksi Antarmolekul Di Man 1 Aceh Barat)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di kelas X MAN 1 Aceh Barat menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih kurang dan hasil belajar siswa yang belum tercapai. Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran learning cycle 7E efektif terhadap hasil belajar siswa. Bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap model learning cylce 7E pada materi interaksi antarmolekul. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan bentuk desain non-random contol-group pretest postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampelnya adalah siswa kelas X-MIA 3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan X-MIA 4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, angket, dan tes dengan menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas guru dan aktivitas siswa yang diamati oleh dua orang pengamat di dapatkan hasil sebesar 82,5% dan 70,8%, masing-masing nilai tersebut dikategorikan sangat tinggi dan tinggi. Hasil persentase respon siswa yaitu sebesar 67% dan dikategorikan tertarik. Uji t diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,460 > 1,99656. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model learning cycle 7E efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi interaksi antarmolekul di MAN 1 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Ramli Abdullah, M.Pd Pembimbing II : Fauziah M.Si
Uncontrolled Keywords: Model learning cycle 7E, interaksi antarmolekul, hasil belajar siswa, respon siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Heru Fernanda Heru
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:56
Last Modified: 10 Sep 2019 01:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9770

Actions (login required)

View Item
View Item