Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Idi Cut Aceh Timur

Daslinar, 150208070 (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Idi Cut Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Idi Cut Aceh Timur]
Preview
Text (Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAS Idi Cut Aceh Timur)
DASLINAR FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode teacher centered menyebabkan peserta didik kurang aktif akibatnya siswa jenuh dalam belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Bedasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian pengaruh metode buzz group pada materi kelarutan dan hasil kalarutan (Ksp). Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode buzz group terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode buzz group. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen menggunakan desain pretest-postetst control group design. Sampel dalam penelitian ini kelas MIA 1 berjumlah 15 siswa dan MIA 2 berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes dan angket. Teknik analisis data digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan program SPSS versi 20.0 melalui uji paired sample t test untuk angket menggunakan rumus persentase. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan 0.000< 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode buzz group terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp). Hasil angket respon siswa yaitu 94% mengindikasikan siswa sangat tertarik menggunakan metode buzz group. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode buzz group diperoleh nilai rata-rata 47,00 sedangkan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 44,33.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Sabarni, M. Pd Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Buzz Group, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp).
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Daslinar Daslinar
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:01
Last Modified: 10 Sep 2019 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9776

Actions (login required)

View Item
View Item