Persepsi Turis Mancanegara terhadap Syariat Islam di Kota Sabang (Studi terhadap Efektivitas Hukum bagi Turis Mancanegara dengan Masyarakat Sabang)

Rahmat Hardi, 141209569 (2017) Persepsi Turis Mancanegara terhadap Syariat Islam di Kota Sabang (Studi terhadap Efektivitas Hukum bagi Turis Mancanegara dengan Masyarakat Sabang). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang syariat Islam bagi turis mancanegara di Kota Sabang)
Rahmat Hardi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Syari’at Islam merupakan tuntutan agama yang bersumber dari al-Qur’an dan al-Hadist yang bersifat menyeluruh serta mencakup semua aspek kehidupan. Masyarakat Aceh, khususnya di Sabang telah menjadikan Islam sebagai pedoman hidupnya, hal ini terbukti dengan adanya dasar hukum pelaksanaan Syari’at Islam dalam UU No. 44 Tahun 1999 dan UU No. 18 Tahun 2001. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi turis mancanegara terhadap syari’at Islam di kota Sabang, faktor pendukung dan penghambat penerapan syari’at Islam, serta solusi terhadap pelaksanaan syari’at Islam di Sabang. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk Field Research yang dilakukan dengan cara mewawancarai beberapa responden yang sesuai dengan pembahasan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskripstif analisis kualitatif, yang mana teknik penulisannya berpedoman pada buku-buku karya ilmiah dan terjemahan ayat-ayat suci al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian turis mancanegara yang berkunjung ke Sabang sangat setuju terhadap penerapan syari’at Islam, karena Sabang adalah wilayah yang diduduki oleh masyarakat yang mayoritas Islam dan penerapan syari’at Islam itu sendiri menjadi salah satu simbol keIslaman di wilayah tersebut. Tetapi ada juga sebagian turis yang kurang setuju terhadap penerapan syari’at Islam di Sabang, karena bagi para turis tersebut tujuan mereka ke Sabang hanya untuk berwisata. Faktor pendukung pelaksanaan syari’at Islam di Sabang karena mayoritas penduduk Sabang beragama Islam, adanya dukungan dari pemerintah daerah dan adanya lembaga-lembaga pendukung untuk menjalankan syari’at Islam. Sedangkan faktor penghambatnya karena adanya pengaruh budaya luar, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pemberlakuan syari’at Islam dan minimnya anggaran untuk mensosialisasikan tentang penerapan syari’at Islam tersebut. Solusinya adalah meningkatkan peran masyarakat dalam pengamalan, pembinaan dan pengawasan terhadap pelanggaran qanun-qanun syari’at Islam di Sabang, dan meningkatkan peran pemerintah untuk mensosialisasikan qanun-qanun syari’at Islam secara merata serta penyediaan sarana dan prasarana penerapan syari’at Islam seacara kaffah agar pemberlakuan syari’at Islam berjalan dengan semestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Muslim Zainuddin,M.Si; NIP. 196610231994021001 2. Fakhrurrazi M. Yunus, Lc, Ma;NIP. 197702212008011008
Uncontrolled Keywords: Turis Mancanegara, Syari’at Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Rahmat Hardi
Date Deposited: 02 Oct 2017 03:47
Last Modified: 02 Oct 2017 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item
TOP