Mega Aprilia Zulfa, 150901097 (2019) Hubungan Antara School Well-being dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh Hubungan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kondisi lingkungan belajar dan upaya dalam mengajar peserta didik merupakan salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar oleh karena itu sekolah yang baik menerapkan school well-being dilikungannya, School well-being adalah sebuah keadaan sekolah yang memungkinkan individu memuaskan kebutuhan dasarnya, yang meliputi having, being, dan health. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara school well-being dengan motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penentuan sample yaitu probability sampling menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 orang dan diperoleh sampel 130 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara school well-being dengan motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh dengan analisis berdasarkan uji korelasi Pearson dan menunjukan bahwa nilai r=0,677 merupakan korelasi positif, p=0,000 (p<0,05). Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif antara school well-being dengan motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Prof Eka Srimulyani,S.Ag, MA, Ph.D 2. Rawdhah Binti Yasa, S. Psi, M.Psi, Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | School Well-Being, Motivasi Belajar, Siswa SMA Negeri 6. |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Aprilia Zulfa Mega |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 07:08 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 07:08 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9822 |