Pengaruh Remedial Teaching Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Banda Aceh.

Ridha Irawan, 210918947 (2014) Pengaruh Remedial Teaching Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas Tentang Remedial Teaching)
RIDHA IRAWAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dalam PAI prestasi belajar siswa SMKN 1 Banda Aceh kutrang memuaskan, hal ni terlihat dari perolehan nilai ujian semester genap tahun akademik 2014-2015 siswa kelas X di SMKN 1 Banda Aceh. Dimana nilai PAI yang diperoleh siswa berada di bawah KKM (76). Untuk itu pihak sekolah mengadakan program remedial teaching sebagai solusi untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) pengaruh program remedial teaching di SMKN 1 Banda Aceh dalam mencapai prestasi belajar pendidikan agama islam di SMKN 1 Banda Aceh yaitu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) peserta didik, 2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat, 3) untuk mengetahui bentuk proses pelaksanaan remedial teachiang di SMKN 1 Banda Aceh dalam mencapai prestasi belajar pendidikan agama islam yaitu kriteria ketuntasan minimal (KKM) peserta didik. Penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), subjek penelitiannya adalah 5 orang siswa kelas X di SMKN 1 Banda Aceh, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan opservasi, wawancara, angket, dan telaah dokumentsi. Teknik analisis data menggunakan analisis rumus persentase dengan metode distribusi prekuensi perhitungan persentase dari semua alternatif jawaban setiap pertanyaan. Bedasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan program remedial teaching berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama islam di SMKN 1 Banda Aceh yaitu tercapainya KKM. Adapun faktor penghambat pelaksaan program remedial teaching ini adalah: kurang efesiannya waktu pelaksanaan,terbatasnya waktu peserta didik, karena mereka mengikuti les diluar jam sekolah, factor orang tua yang terlalu pasrah pada pihak sekolah tanpa mau membantu dan megerti keterbatasan jam sekolah. Adapun faktor pendukungnya adalah: tersedianya program remedial teaching yang diselanggarakan oleh pihak SMKN 1 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muhibuddin Hanafiah, M.Ag 2. Isna Wardatul Bararah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Remedial teaching, Pembelajaran,PAI
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ridha irawan masyitah
Date Deposited: 11 Sep 2019 03:21
Last Modified: 11 Sep 2019 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9839

Actions (login required)

View Item View Item
TOP