Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning di Kelas IV MIN 27 Aceh Besar

Cut Ida Mukhlisati, 140209021 (2019) Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning di Kelas IV MIN 27 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning di Kelas IV MIN 27 Aceh Besar]
Preview
Text (Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning di Kelas IV MIN 27 Aceh Besar)
Cut Ida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV MIN 27 Aceh Besar tergolong rendah. Hal tersebut dapat dipecahkan dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar. (4) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 27 Aceh Besar yang berjumlah 38 siswa. Data ini dianalisis dengan menggunakan rumus Presentase. Dari hasil penelitian ini diperoleh rata-rata hasil observasi, yaitu: (1) aktivitas guru siklus I sebesar 62% (baik) mengalami peningkatan pada siklus II 93 % (baik sekali), (2) aktivitas siswa pada siklus I 60% (cukup) mengalami peningkatan pada siklus II 93% (baik sekali), (3) kreativitas belajar siswa siklus I sebesar 65,60% (kreativitas sedang) mengalami peningkatan pada siklus II 80,57% (kreativitas tinggi). (4) Hasil belajar siswa pada siklus I, hanya 15 siswa yang tuntas dengan nilai 39,47% dan tidak tuntas 23 siswa dengan nilai 60,52%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 33 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 86,84% dan tidak tuntas 5 siswa dengan nilai 13,15%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II : Fakhrul Rijal, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kreativitas , dan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Depositing User: Cut Ida Mukhlisati Cut
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:32
Last Modified: 13 Sep 2019 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9840

Actions (login required)

View Item
View Item