Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Sungai Mas

Deva Risma, 140208189 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Sungai Mas. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Think Pair Square Pada Materi Ikatan Kimia  Di SMA Negeri 1 Sungai Mas]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Sungai Mas)
Full Skripsi Deva.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dengan guru dan siswa di SMA Negeri 1 Sungai Mas ditemukan permasalahannya bahwa kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran kimia berdampak terhadap pencapaian KKM yang tidak maksimal. Perolehan nilai rata-rata ujian semester genap hanya 59,21 sedangkan minimal nilai KKM 70. Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran kimia disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran oleh guru yang kurang menarik. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar dan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Sungai Mas kelas X MIA 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah pree-Eksperimental designs dengan menggunakan desain one group Pree-test design.setelah dilakukan penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa, pada uji N-Gain diperoleh rata-rata 0,63 dengan kategori sedang dan nilai hasil uji t < 0,05. Sedangkan presentase hasil respon siswa 82,6% memilih Ya. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Sungai Mas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model think pair square, hasil belajar, ikatan kimia, respon siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Deva Risma Deva
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:49
Last Modified: 13 Sep 2019 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9847

Actions (login required)

View Item
View Item