Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2015 Terhadap Kualitas Pelayanan Di UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh

Ria Maulina, 140503014 (2019) Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2015 Terhadap Kualitas Pelayanan Di UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001;2015 Terhadap Kualitas Pelayanan di UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh)
Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001;2015 Terhadap Kualitas Pelayanan di UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001 : 2015 Terhadap Kualitas Pelayanan Di UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh”. Adapun tujuan dari peneilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001 : 2015 terhadap kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dari 331.092 populasi yang diambil menggunakan metode Sampling Insidental (Sampel kebetulan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi yang analisisnya menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 24.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,646 yang menunjukkan bahwa penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 (variabel X) dan kualitas layanan (variabel Y) tergolong kuat atau tinggi. Hasil uji F terbukti bahwa Fhitung 70.332> Ftabel 3,94 maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 memiliki pengaruh tinggi terhadap kualitas pelayanan perpustakaan. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,418, yang mengandung pengertian bahwa persentase variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebanyak 41%. Hasil ini menunjukkan bahwa sebesar 41% penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perpustakaan dan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Khatib A. Latief, M.LIS 2. Suraiya, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2015, Kualitas Pelayanan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ms Ria Maulina
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:27
Last Modified: 16 Sep 2019 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9896

Actions (login required)

View Item View Item
TOP