Pengaruh Model Pembelajaran Treefinger Terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa MAN 1 Lhokseumawe

Ulya Rahmi, 150208062 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Treefinger Terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa MAN 1 Lhokseumawe. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Treefinger Terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa MAN 1 Lhokseumawe]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Treefinger Terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Garam Siswa MAN 1 Lhokseumawe)
SKRIPSI GABUNG (ULYA RAHMI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Treefinger terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam yang dilatar belakangi oleh berlangsungnya pembelajaran belum melibatkan siswa aktif dalam belajar, materi hidrolisis yang memuat konsep hitungan jarang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak tumbuh rasa ingin tahu yang besar dalam belajar menyebabkan tidak meningkatnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Treefinger. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan bentuk desain one group pre-test post-test yang dilaksanakan di kelas XI MIA 3 MAN 1 Lhokseumawe yang berjumlah 30 siswa. Proses pengambilan sampel dilakukan dengn cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dan angket respon. Teknik analisis data pada hasil tes belajar menggunakan analisis korelasi product moment, sedangkan pada angket respon siswa menggunakan persentase nilai respon. Hasil penelitian diperoleh uji korelasi pre-test dan post-test sebesar 0,760 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Treefinger terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam di MAN 1 Lhokseumawe. Analisis persentase rata-rata respon siswa adalah 80,83% yakni respon positif, pesentase tersebut terdiri dari 27,11% sangat setuju, 69,11% setuju dan 3,78% tidak setuju

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda. M. Pd. Pembimbing II : Adean Mayasri, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model Treefinger, hasil belajar, hidrolisis garam, respon.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ulya Rahmi Rahmi
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:33
Last Modified: 16 Sep 2019 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9897

Actions (login required)

View Item
View Item