Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya

Sri Mona Lisa, 140207023 (2019) Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN  5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya]
Preview
Text (Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya)
Full Sri Mona Lisa Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMPN 5 Seunagan Kabupaten Nagan Raya berlangsung secara konvesional dengan cara bercerita, diskusi dan tanya jawab. tingkat kepercayaan diri siswa juga sangat rendah ini terlihat ketika siswa tampil berdiskusi di depan kelas cenderung malu ketika mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan tingkat kepercayaan diri siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup dengan penerapan model Discovery Learning. Rancanagan penelitian menggunakan Pre-Experimen Desain dengan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Seunagan yang terdiri dari 4 kelas dan sampelnya kelas VII.3. Pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model discovery learning 31,6 dan sesudah menggunakan model discovery learning 70,9 dan N-gain sebesar 0,56 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan sebesar 5% (0,05) pada derajat bebas 26. Nilai thitung 14,8 > nilai ttabel 1,70562 dengan demikian maka H0 di tolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup menggunakan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat kepercayaan diri siswa dengan pembelajaran menggunakan model discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup masuk ke dalam kategori tinggi (75 %).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi, M. Ed. St 2. Nurlia Zahara, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Kepercayaan Diri Siswa, Materi klasifikasi makhluk hidup
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sri Mona Lisa Mona
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:06
Last Modified: 16 Sep 2019 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9905

Actions (login required)

View Item
View Item