Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Akademik di MAN 3 Aceh Besar

Kautsar, 140201033 (2019) Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Akademik di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Game Online Terhadap Peserta Didik di MAN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Game Online Terhadap Peserta Didik di MAN 3 Aceh Besar)
SKRIPSI KAUSAR.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maraknya game online yang dipopulerkan kalangan peserta didik, dikarenakan perkembangan era globalisasi yang sangat pesat dan perkembangan teknologi yang semakin canggih yang bisa berdampak negatif terhadap prestasi akademik peserta didik. Membuat para orang tua semakin resah atas perkembangan teknologi terutama pada permainan game online, Penulis tertarik untuk meneliti peserta didik yang kecanduan bermain game online, seberapa besarkah pengaruh game online tersebut terhadap prestasi akademik peserta didik di MAN 3 Aceh Besar, tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran terhadap dunia pendidikan bagaimana akan besarnya pengaruh negatif dari game online tersebut terhadap prestasi akademik peserta didik. Pada penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif berbentuk analisis statistik deskriptif dan frekuensi, dalam pengumpulan data peneliti mengunakan metode angket skala likert modifikas,i untuk mengumpulkan data kecanduan game online dan untuk pengumpulan data prestasi akademik peserta didik mengunakan dokumentasi, yaitu peroleh akumulasi skor hasil belajar yaitu nilai rata-rata rapor dalam 2 smester terakhir. Teknik pengolahan data peneliti mengunakan program bantu dengan SPSS versi 20.0, untuk mencari hasil akhir seberapa besar pengaruh game online terhadap prestasi akademik peserta didik di MAN 3 Aceh Besar, mengunakan rumus persamaan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diteliti selama kurang lebih dua bulan, peneliti mengambil kesimpulan bahwa rata-rata kecanduan bermain game online peserta didik dapat dikatakan tinggi, dengan rata-rata perolehan skor akhir yaitu 93.3 dan skor prestasi belajar rata-rata 83.3, dan besarnya pengaruh negatif game online tersebut terhadap prestasi akademik peserta didik di MAN 3 Aceh Besar dapat dikatakan sebesar 30% di pengaruhi oleh kecanduan game online dan untuk sisa 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muzakir, S.Ag., M.Ag Pembimbing 2. Abdul Haris Hasmar, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Game Online dan Prestasi Akademik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kautsar Kautsar
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:59
Last Modified: 17 Sep 2019 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item
View Item