Keefektifan Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 4 Aceh Besar

Lidia Afriani, 140208089 (2019) Keefektifan Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Pada Materi Laju Reaksi  Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Keefektifan Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 4 Aceh Besar)
Full Lidia Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Materi laju reaksi merupakan salah satu pokok bahasan pelajaran kimia di semester I kelas XI. Materi tentang laju reaksi sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi dikarenakan rendahnya pemahaman dan penguasaan konsep peserta didik terhadap materi laju reaksi, sebab konsep tersebut bersifat abstrak dan dikombinasikan pula dengan hitungan. Dari hal tersebut dilakukan penelitian keefektifan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar siswa MAN 4 Aceh Besar. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran REACT yang dilihat dari hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonrandomized control-group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Dari data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t, hasil analisis tersebut diperoleh nilai signifikan 0,011 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik lebih tinggi jika dibelajarkan dengan model pembelajaran REACT dibandingkan tanpa dibelajarkan dengan model pembelajaran REACT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ibnu Khaldun, M.Si Pembimbing II : Djamaluddin Husita, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring), Laju Reaksi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Lidia Afriani Lidia
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:45
Last Modified: 17 Sep 2019 01:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9949

Actions (login required)

View Item
View Item