Zurriati, 261324630 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTsN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Hasil belajar matematika siswa pada umumnya itu belum memuaskan. Kondisi ini terjadi juga di MTsN 5 Aceh Besar. Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa kurang optimal karena model pembelajaran lebih menekankan aktivitas guru dari pada siswa. Oleh karena itu, peneliti mencoba menekankan siswa secara aktif dalam pembelajaran dengan melakukan penelitian menggunakan model Learning Start with a Question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Learning Start with a Question lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 5 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen berdesain Posttest-only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Aceh Besar yaitu untuk sampel penelitian diperoleh kelas VIII-A dan VIII-B dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Adapun tehnik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data Inferensial. Hasil penelitian diperoleh thitung 3,06 dan ttabel 1,68. Maka thitung > ttabel Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Learning Start With a Question (LSQ) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 5 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Drs. H. Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Lasmi, S. Si., M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Start with a Question (LSQ), Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zurriati Zur |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:11 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 03:11 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9952 |