Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 1 Darul Ihsan Aceh Timur

Nurjannah Lubis, 150208082 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 1 Darul Ihsan Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap         Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 1 Darul Ihsan Aceh Timur]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA Negeri 1 Darul Ihsan Aceh Timur)
Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Darul Ihsan Aceh Timur tentang pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran menggunakan metode ceramah yang menjadikan proses pembelajaran menjadi monoton, penyampaian materi secara sepihak serta memposisikan siswa secara pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran guided inquiry. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment yang dilaksanakan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darul Ihsan Aceh Timur yang berjumlah 25 siswa. Proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data pada tes hasil belajar menggunakan analisis korelasi product moment sedangkan pada lembar observasi siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh hasil uji korelasi pretest dan posttest sebesar 0,687 berdasarkan interpretasi koefisien korelasi, maka berkorelasi kuat. Data tersebut menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 1 Darul Ihsan. data hasil analisis persentase aktivitas siswa dari pertemuan I, II, dan III mengalami peningkatan yaitu 78,75%, 82,5%, dan 84,375%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Amna Emda, M.Pd Pembimbing II : Adean Mayasri, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurjannah Lubis
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:24
Last Modified: 17 Sep 2019 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9954

Actions (login required)

View Item
View Item