Suri Irawati, 140208158 (2019) Pengaruh Media Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
BAB I edit.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dialami siswa pada materi ikatan kimia adalah masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang mengutamakan kepada penjelasan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Kreung Barona Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu domino terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini dirancang dengan desain penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen Design (eksperimen semu), dengan menggunakan satu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan menggunakan pretest dan posttes, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh yaitu thitung = 3,02, untuk ttabel dapat dilihat dengan taraf signifikan α = 0,05, maka dapat dilihat pada tabel uji-t, diperoleh ttabel = 1,68. Dengan kriteria pengujian yang diperoleh yaitu thitung ≥ ttabel yaitu 3,02 ≥ 1,68 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media kartu domino lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan konvensional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Muammar Yulian, M.Si Pembimbing II : Adean Mayasri, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | Media Kartu Domino, Hasil Belajar, Ikatan Kimia |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.7 Penggunaan Buku dan Media lainnya sebagai Sumber Informasi 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Suri Irawati Irawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 02:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 02:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9957 |