Penerapan Pendekatan Berbasis Projek pada Pembelajaran Konsep Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil BelajarS iswa di SMAN 2 Tapaktuan.

Djie Ramzy Mulyanda, 251222812 (2017) Penerapan Pendekatan Berbasis Projek pada Pembelajaran Konsep Fluida Statis untuk Meningkatkan Hasil BelajarS iswa di SMAN 2 Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pendidikan Fisika]
Preview
Text (Membahas Tentang Pendidikan Fisika)
Djie Ramzy Mulyanda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu bidang studi dari IPA yang dipelajari atas dasar observasi dan eksperimen untuk memahami dunia kebendaan baik langsung maupun tidak langsung. Fisika tidak hanya memahami kumpulan fakta-fakta, tetapi juga menambah cara berpikir dan bekerja ilmiah. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada beberapa SMA/MA, bahwa umumnya siswa menganggap pelajaran Fisika sulit karena mereka banyak menjumpai persamaan matematika sehingga Fisika di Identikkan dengan angka dan rumus, sehingga hasil belajar tidak mencapai target 65 yang telah ditetapkan di dalam kritria ketuntasan minimal (KKM).Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tidak bertanya ataupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan belum fokus saat proses belajar mengajar berlangsung.Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah pendekatan projek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep fluida statis, metode yang digunakan pra eksperimen di SMAN 2 Tapaktuan pada kelas XI MIA. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir kelas eksperimen tidak secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, setelah dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berbasis projek dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotorik pada materi hukum pascal dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 14,68> 1,68 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang berarti Ha diterima dengan nilai rata-rata sebesar 77,32. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi hokum pascal kelas XI MIA semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 2 Tapaktuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Wardi. A Wahab, M.Ag 2.Samsul Bahri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Berbasis Projek, Hukum Pascal.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Djie Ramzy Mulyanda
Date Deposited: 03 Oct 2017 05:14
Last Modified: 03 Oct 2017 05:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item
View Item