Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya

Nisa Yulianda, 140208156 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk         Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya] Text (Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya)
SKRIPSI BARU.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang didapati pada SMAN 1 Krueng Barona Jaya adalah proses pembelajaran kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran kimia kurang diminati, peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik hanya duduk, mendengar dan mencatat yang diberikan oleh guru. Rendahnya hasil belajar peserta didik juga disebabkan oleh peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran seperti tidak berani untuk bertanya dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan tujuan: (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya, (2) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya, (3) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi Termokimia di SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-MIA 1 SMAN 1 Krueng Barona Jaya yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan tes hasil belajar. Data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian selama II siklus menunjukkan aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 74% dan pada siklus II 86,5%, sedangkan aktivitas peserta didik pada siklus I dengan nilai 69% dan pada siklus II 79%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan nilai 60% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI-MIA 1 SMAN 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muammar Yulian, M. Si Pembimbing II : Adean Mayasri, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Termokimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nisa Yulianda Nisa
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:45
Last Modified: 17 Sep 2019 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9960

Actions (login required)

View Item
View Item