Nurul Kamelia, 150208010 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di MAN 2 Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SKRIPSI NURUL KAMELIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (28MB) | Preview
Abstract
Pair check adalah model pembelajaran secara berpasangan yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan. Rendahnya nilai pembelajaran kimia di MAN 2 Aceh Timur diakibatkan oleh kurangnya minat belajar siswa bahkan siswa menganggap pelajaran kimia adalah pelajaran yang sulit dan susah untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN 2 Aceh Timur dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran pair check pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN 2 Aceh Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran pair check berpengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui uji t dan uji N-Gain. Hasil analisis data diperoleh hasil uji N-Gain dengan persentase 45% berkategori tinggi dan persentase 55% berkategori sedang dan hasil uji t paired menggunakan SPSS diperoleh nilai sig adalah 0,000 < 0,05 serta hasil uji t paired secara manual adalah 35,388 > 1,701. Hasil respon siswa sangat tertarik dengan proses pembelajaran menggunakan model pair check dengan persentase rata-rata 93% siswa memilih setuju. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pair check baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan minat dan semangat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Hilmi, M.Ed 2. Haris Munandar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pair Check, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nurul Kamelia |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 02:21 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 02:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9964 |