Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Pada Materi Bakteri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 3 Aceh Besar

Maulida Rizkina, 140207013 (2019) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Pada Materi Bakteri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Pada Materi Bakteri  Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir  Kritis Siswa Di MAN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Disertai Media Audio Visual Pada Materi Bakteri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di MAN 3 Aceh Besar)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi di MAN 3 Aceh Besar menunjukkan kurangnya minat dan kemampuan berpikir kritis siswa untuk belajar. Minat siswa kurang terlihat selama proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang merespon materi yang disampaikan dan cenderung diam serta kurang bertanya ketika guru mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan. Demikian pula dengan kemampuan berpikir kritis siswa kurang terlihat ketika siswa menjawab soal dan menyimpulkan materi pembelajaran. Siswa masih berpedoman pada buku paket sehingga siswa kurang melatih penalaran dan kemampuan berpikir kritis. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) yang disertai media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa dan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di MAN 3 Aceh Besar. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode True-Eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Groups Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 3 Aceh Besar, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Analisis data minat belajar siswa menggunakan rumus indeks, sedangkan analisis data kemampuan berpikir kritis menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data minat belajar siswa kelas eksperimen termasuk kategori sangat tinggi (81%) sedangkan kelas kontrol tinggi (78%). Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen tergolong kategori tinggi (79,24%) sedangkan kelas kontrol cukup (75,23%). Hasil uji-t menunjukkan thitung (2,01) > ttabel (1,68). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada materi bakteri di MAN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Nursalmi Mahdi M. Ed. St 2. Zuraidah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Media Audio Visual, Minat Belajar, Hasil Belajar Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Bakteri.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Maulida Rizkina
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:32
Last Modified: 18 Sep 2019 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9976

Actions (login required)

View Item
View Item