Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Hand Out Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 3 Montasik

Ufra, 140207040 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Hand Out Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMP Negeri 3 Montasik. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Hand Out Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia  Di Smp Negeri 3 Montasik]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Hand Out Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Smp Negeri 3 Montasik)
Full Ufra.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Montasik pada pembelajaran IPA bidang biologi, penyampaian materi pembelajaran berlangsung secara searah yaitu dari guru ke siswa, pembelajaran dengan cara tersebut menunjukkan bahwa siswa pasif dan kurang merespon pada saat mengikuti pembelajaran. Sebagian siswa juga mengatakan kesulitannya dalam memahami proses-proses biologi terutama pada materi sistem pencernaan manusia. Permasalahan tersebut perlu dicari solusi yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick yang dikombinasikan dengan media Hand Out. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dengan media Hand Out. Rancangan penelitian yang digunakan Pre-experimental dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Montasik, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII.2 yang terdiri dari 17 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui angket untuk mengetahui respon siswa dan soal test (pretest - posttest) untuk mengetahui hasil belajar. Berdasarkan Analisis data diketahui bahwa respon siswa tergolong kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 85,19%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretest yaitu 50,29, nilai rata-rata posttest yaitu 76,47, dengan rata-rata selisih sebesar 26,17. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung = 6,85 ≥ ttabel = 1,74) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media Hand Out dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 3 Montasik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Talking Stick, media Hand Out, hasil belajar siswa, dan respon siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ufra Ufra
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:31
Last Modified: 18 Sep 2019 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9978

Actions (login required)

View Item
View Item