Analisis Standardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus Di MAN 4 Aceh Besar)

Seri Berliani, 150204070 (2019) Analisis Standardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus Di MAN 4 Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Standardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus Di MAN 4 Aceh Besar)]
Preview
Text (Analisis Standardisasi Laboratorium Dalam Proses Pembelajaran Fisika (Studi Kasus Di MAN 4 Aceh Besar))
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fasilitas prasarana di sekolah salah satunya adalah laboratorium. Kondisi laboratorium harus sesuai dengan standardisasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran fisika berjalan dengan lancar. Karena siswa merasa kesulitan memahami pembelajaran dari guru jika hanya belajar teori saja, sehingga dengan adanya kegiatan praktikum maka siswa akan lebih memahami materi fisika dengan baik. Oleh karena itu dengan adanya laboratorium yang memenuhi standar di lingkungan sekolah maka akan menambah pemahaman kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis standardisasi laboratorium dalam proses pembelajaran fisika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah standardisasi daya dukung sarana dan prasarana laboratium fisika? bagaimanakah kompetensi pengelolaan laboratorium fisika? dan bagaimanakah efektivitas pemanfaatan sarana dan prasarana laboratorium fisika?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis melalui deskriptif teori Huberman. Hasil dari penelitian di temukan bahwa setelah dilakukan analisis ternyata laboratorium fisika di MAN 4 Aceh Besar belum memenuhi standardisasi yang telah ditetapkan oleh Permendiknas No. 24 tahun 2007. Sehingga perlu adanya kerjasama antara sekolah dan pemerintah dalam memenuhi standardisasi prasarana dari segi fasilitas, pengelolaan dan efektivitas pemanfaatan laboratorium agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed. Pembimbing II : Juniar Afrida, M. Sc..
Uncontrolled Keywords: Analisis, Standardisasi laboratorium, Pembelajaran Fisika.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Seri Berliani Seri
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:13
Last Modified: 18 Sep 2019 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item
View Item