Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa MAN 3 Aceh Besar

Nasiatul Arafah, 150205029 (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa MAN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa MAN 3 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Software Geogebra Terhadap Pemahaman Matematika Siswa MAN 3 Aceh Besar)
skripsi gabungan dari awal sampai akhir (Arafah) (Recovered).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Permasalahan selama ini siswa masih belum dapat mengembangkan proses berpikir matematis secara maksimal karena pemahaman matematika siswa masih rendah. Pemahaman matematika siswa merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematis seperti permasalahan yang berkenaan dengan konsep, operasi dan prinsip maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Metode demonstrasi berbantuan Software Geogebra merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemahaman matematika siswa dan proses pembelajarannya lebih bermakna terutama pada materi transformasi geometri kelas XI. Metode demonstrasi memiliki 3 tahap meliputi: langkah pembukaan, langkah pelaksanaan dan langkah mengakhiri. Adapun tujuan masalah dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui perbandingan pemahaman matematika siswa MAN 3 Aceh Besar yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan Software Geogebra dan dengan pemahaman matematika siswa MAN 3 Aceh Besar dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan Quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Aceh Besar. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t , yaitu diperoleh thitung = 3,15 dan ttabel = 1,68 atau thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman matematika siswa kelas XI MAN 3 Aceh Besar yang diajarkan dengan metode demonstrasi berbantuan software geogebra lebih baik dari pada pemahaman matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Lukman Ibrahim, M. Pd Pembimbing II : Zikra Hayati, S. Pd.I., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pemahaman Matematika ..Siswa, Geogebra.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nasiatul Arafah Arafah
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:54
Last Modified: 19 Sep 2019 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item
View Item