Peran Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama Dalam Pelaksanaan Syi’ar Islam (Study Kasus di Kampung Paya Kolak Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah)

Nurul Hikmah, 160305074 (2021) Peran Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama Dalam Pelaksanaan Syi’ar Islam (Study Kasus di Kampung Paya Kolak Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama Dalam Pelaksanaan Syi’ar  Islam (Study Kasus di Kampung Paya Kolak Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah)]
Preview
Text (Peran Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama Dalam Pelaksanaan Syi’ar Islam (Study Kasus di Kampung Paya Kolak Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah))
Nurul Hikmah, 160305074, FUF, SA, 081360474760.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang “Peran Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama Dalam pelaksanaan Syiar Islam (Studi Kasus Kampung Paya Kolak Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah)”. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa di Kampung Paya Kolak mengalami masalah tentang tidak aktifnya pengumandangan Azan, tidak adanya pengajian bagi kaum laki-laki serta masih banyaknya masyarakat Kampung Paya Kolak yang kurang memahami (mengetahui) secara hakikat akan ajaran Islam. Adapun tujuan penelitian ini ialah pertama, untuk mengetahui bagaimana peran Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama Dalam Pelaksanaan Syiar Islam. Kedua, untuk mengetahui respon masyarakat terhadap kegiatan sosial keagamaan yang dilakukan oleh Organisasi Majelis Taklim haluan Agama. Ketiga, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama dalam pelaksanaan Syiar Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Majelis Taklim Haluan Agama telah melaksanakan/ menjalankan perannya sesuai dengan kedudukannya, yaitu dalam hal menanamkan nilai-nilai keislaman, serta telah menyelesaikan permasalah di kampung tersebut yaitu sudah aktifnya pengumandangan Azan serta telah adanya pengajian bagi kaum laki-laki. Dalam menjalankan kegiatannya organisasi ini tidak mengalami kendala dalam hal biaya, akan tetapi mengalami kendala dalam hal masyarakat yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini. Namun organisasi ini melakukan upaya agar kendala tersebut dapat ditangani dengan cara memberi pemahaman kepada masyarakat yaitu pertama, tuhan menjanjikan siapa yang berbuat baik maka akan dimasukkan kedalam surga. kedua, siapa yang berbuat jahat dimasukkan ke dalam neraka. ketiga, setan berusaha memberikan harapan palsu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abd. Madjid, M. Si Pembimbing II : Drs. H. Taslim H.M. Yasin, M. Si
Uncontrolled Keywords: Majelis Taklim Haluan Agama dan Syiar Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nurul Hikmah Nurul
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:40
Last Modified: 07 Jul 2021 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item
View Item