Tita Fadliah, 160209125 (2022) Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV MIN 11 PIDIE. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Tita Fadliah, 160209125, FTK, PGMI, 085270818163.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MIN 11 Pidie menunjukkan bahwa penggunaan model mind mapping pada pembelajaran tematik jarang digunakan. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan uji coba pada pembelajaran dengan menggunakan model yang dapat membantu siswa lebih aktif dan efektif dalam proses pelaksanaan pembelajaran, sehingga tercapainya tujuan yang ingin dicapai yaitu menggunakan model mind mapping pada pembelajaran tematik. Penelitian ini berjudul ”Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas  IV  MIN  11  Pidie”.  Adapun  tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu  untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model  mind  mapping  pada  pembelajaran  tematik  dengan  tidak  menggunakan model mind mapping pada pembelajaran tematik. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MIN 11 Pidie yang berjumlah 35 orang. Rancangan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain Nonequivalent group design pre-test dan post-test. Kreativitas siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen jumlah sampel yang valid adalah 19, nilai minimum pada Pre-Test adalah 6 sedangkan nilai maximum adalah 14, nilai rata-rata  yang  diperoleh  pada  Pre-Test    adalah  9,58  dan  simpangan  bakunya 2,631. Sedangkan pada Post-Test nilai minimumnya adalah 10 dan nilai maximum adalah 16, nilai rata-rata yang diperoleh Post-Test 13,53 dan simpangan bakunya adalah 1.896. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa kelas eksperimen jumlah sampel yang valid adalah 19, nilai minimum pada Pre-Test adalah 50 sedangkan nilai maximum adalah 80, nilai rata-rata yang diperoleh pada Pre-Test   adalah
61,05   dan   simpangan   bakunya   8,093.   Sedangkan   pada   Post-Test   niali minimumnya adalah 70 dan nilai maximum adalah 100, nilai rata-rata yang diperoleh Post-Test  84,21 dan simpangan bakunya adalah 10,174.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and System | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | 
| Depositing User: | Tita Fadliah | 
| Date Deposited: | 08 Mar 2022 03:48 | 
| Last Modified: | 08 Mar 2022 03:48 | 
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20141 | 
        		
		            
		        