Penggunaan Media Virtual Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tekanan di Kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh

Darmayanti, 25122795 (2016) Penggunaan Media Virtual Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tekanan di Kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan]
Preview
Text (Membahas penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan)
Darmayanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan salah satu pembelajaran yang oleh sebagian siswa dipandang sulit. Berbagai konsep, prinsip, hukum, teori dalam fisika terkesan rumit sehingga sulit dipelajari, akibatnya dijauhi oleh siswa dikelas. Banyak siswa yang mempelajari fisika dengan cara menghafal, sehingga pemahaman mereka terhadap fisika jauh dari yang diharapkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media virtual interaktif, maka telah dilakukan penelitian tentang penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan respon siswa dengan menggunakan media virtual interaktif pada materi tekanan di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan angket. Berdasarkan analisis data tentang penggunaan media virtual interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep tekanan di kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen 80,64, lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 72,39. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 3,08 > ttabel 1,68, sehingga HO ditolak dan Ha diterima, dan nilai N-Gain rata-rata kelas eksperimen adalah 0,64 sehingga mencapai triteria sedang dan analisis respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media virtual interaktif tergolong cukup tertarik ditunjukkan dengan respon siswa yang menjawab sangat setuju mencapai 51,66% dan setuju 38,66 %. Hal ini menunjukkan bahwa adanya penggunaan media virtual interaktif pada konsep tekanan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Drs. Yusrizal, M.Pd; NIP. 195212311982031020; 2. Marzuki, M.Si; NIP. 198401012009011015
Uncontrolled Keywords: Media Virtual Interaktif, Hasil Belajar, Konsep Tekanan
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusrawati Yusrawati
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:33
Last Modified: 08 Aug 2017 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item
View Item