Magfirah Mahara, 190209096 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Magfirah Mahara, 190209096, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa kelas I SD Negeri Lamklat, Kabupaten Aceh Besar, yang masih sangar rendah. Pada saat membaca siswa hanya mampu menyebutkan huruf abjad pada bacaan secara berurutan dari A-Z, jika huruf diacak banyak siswa yang belum mampu mengingat bacaan huruf dengan tepat, selain itu pelafalan dan intonasi mereka dalam membaca juga belum tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design jenis One Group Pre-test-Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 1 yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data menggunakan tes lisan Pre-test dan Post-test. Penyelesaian hasil uij kemampuan membaca permulaan dilakukan dengan uji statistik dengan taraf signifikan 0,05 dan menggunakan rumus presentase bahwa penggunaan picture and picture memiliki pengaruh terhadap membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Lamklat setelah diperoleh tHitung= 4,395 dan tTabel = 1,721 maka diperoleh tHitung ≥ tTabel atau 4,395 > 1,721. Maka dapat disimpulkan dari penjelasan diatas bahwa hipotesis pada penelitian ini Ho diterima. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata Pre-test 51,363 dan Post-test 91,363. Sehingga analisis data menunjukkan terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Lamklat.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and System | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | 
| Depositing User: | Magfirah Mahara Magfirah | 
| Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:30 | 
| Last Modified: | 25 Jan 2024 02:30 | 
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35037 | 
        		
		            
		        