Internalisasi Karakter Disiplin Siswa melalui Metode Diskusi Kelompok Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kluet Tengah

Nelis Mawarni, 211323847 (2018) Internalisasi Karakter Disiplin Siswa melalui Metode Diskusi Kelompok Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kluet Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Karakter Siswa]
Preview
Text (Membahas tentang Karakter Siswa)
Nelis Mawarni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Disiplin merupakan salah satu bagian dari pilar-pilar karakter yang harus ditanamkan dalam diri tiap siswa. Di SMP Negeri 1 Kluet Tengah telah menerapkan pendidikan karakter dalam upaya meningkatkan nilai kedisiplinan siswa, Tetapi penerapan nilai tersebut masih kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses sosialisasi, penghayatan dan implementasi nilai karakter disiplin siswa melalui metode diskusi kelompok kelas VIII di SMPN 1 Kluet Tengah. Dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat internalisasi karakter disiplin siswa melalui metode diskusi kelompok kelas VIII di SMPN 1 Kluet Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dalam mengambil kesimpulan menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis yaitu memaparkan secara detail fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, kemudian dianalisis kembali untuk memperoleh kesimpulan terhadap permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosialisasi nilai karakter disiplin siswa melalui metode diskusi kelompok kelas VIII di SMPN 1 Kluet Tengah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari cara guru berinteraksi dengan siswa, sikap dan upaya-upaya guru dalam menerapkan kedisiplinan belajar bagi siswa. Salah satunya dengan menerapkan metode diskusi kelompok sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi keseriusan siswa dalam belajar. Penghayatan nilai disiplin siswa melalui metode ini terlihat cukup baik, dari keseriusan siswa dalam belajar, adanya nilai tanggung jawab dan rasa bekerjasama. Sehingga tumbuhlah nilai disiplin dalam diri siswa. Penerapan metode diskusi kelompok pada proses pembelajaran membawa pengaruh positif bagi karakter siswa. Dengan mengimplementasikan metode diskusi kelompok ini membuat suasana kelas menjadi lebih disiplin dan perlanggaran terhadap peraturanpun berkurang. Faktor penghambat internalisasi karakter disiplin siswa melalui metode diskusi kelompok kelas VIII di SMPN 1 Kluet Tengah meliputi: faktor orang tua yang sepenuhnya menyerahkan pendidikan siswa hanya kepada lembaga sekolah, faktor lingkungan yang tidak dapat berkerja sama dalam memperhatikan perkembangan siswa, faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yang kurang minatnya terhadap belajar dan lebih memilih bermain serta faktor lembaga sekolah yang masih kurang efektif dalam menerapkan aturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Sri Suyanta, M. Ag. 2. Dr. Muzakir, S. Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Karakter Dsiplin, Metode Diskusi Kelompok, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nelis Mawani
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:32
Last Modified: 16 Jul 2018 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4110

Actions (login required)

View Item
View Item