Pengembangan E–Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan TPACK pada Materi Arus Bolak-balik (AC) SMA/MA

Muzakir Walad, 190204041 (2025) Pengembangan E–Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan TPACK pada Materi Arus Bolak-balik (AC) SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan E – Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dengan TPACK] Text (Pengembangan E – Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dengan TPACK)
Muzakir Walad, 190204041, FTK, PFS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti sumber belajar yang digunakan yaitu buku paket, fasilitas laboratorium kurang memadai mempengaruhi proses pembelajaran. E-modul merupakan modul dalam bentuk elektronik dapat diakses melalui alat elektronik seperti computer, laptop, tablet maupun smartphone. Model pembelajaran yang di terapkan pada E-modul adalah problem based learning . Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang menyajikan informasi terkait materi melalui permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah mendesain E-modul berbasis Problem Based Learning pada Materi Arus Bolak-balik SMA/MA dan mengetahui kelayakan E-modul berbasis Problem Based Learning pada Materi Arus Bolak-balik SMA/MA. Model pengembangan Alessi dan Trollip dikarenakan dengan menggunakan model penelitian ini produk yang dihasilkan dalam bentuk elektronik dan tidak dicetak, yang terdiri dari tiga tahapan meliputi (1) Planning, (2) Design yaitu tahap penulis merancang produk berupa modul dan (3) Development. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah E-modul berbasis Problem Based Learning pada Materi Arus Bolak-balik SMA/MA. Kelayakan E-Modul dari ahli materi diperoleh hasil persentase sebesar 87%, validasi ahli media dengan total persentase 92%. Kategori yang dihasilkan tergolong layak digunakan dengan predikat sangat bagus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muzakir walad Zakir
Date Deposited: 17 Jan 2025 09:54
Last Modified: 16 Sep 2025 02:51
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42377

Actions (login required)

View Item
View Item