Testimoni Iklan Pengobatan Tradisional menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Perlindungan Konsumen pada Klinik Pengobatan Alternatif di Banda Aceh)

Muhammad Azmi, 121209391 (2018) Testimoni Iklan Pengobatan Tradisional menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Perlindungan Konsumen pada Klinik Pengobatan Alternatif di Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Perbandingan Hukum]
Preview
Text (Membahas tentang Perbandingan Hukum)
Muhammad Azmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (981kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Iklan testimoni adalah iklan yang memberikan kesaksian konsumen terhadap suatu “keberhasilan” menggunakan produk barang atau jasa baik dalam bentuk lisan maupun tertulis. Testimoni dalam iklan adalah cara yang biasa digunakan oleh pelaku usaha dalam hal ini klinik pengobatan tradisional mengiklankan produknya agar dapat menarik minat konsumen untuk menggunakan barang atau jasa yang diproduksinya. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah iklan testimoni pengobatan tradisional pada klinik pengobatan alternatif di Banda Aceh sesuai menurut Undang-undang Perlindungan Konsumen serta bagaimanakah bentuk perlindungan konsumen terhadap iklan testimoni menurut perspektif hukum islam. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data tersebut didapatkan melalui analisis terhadap hasil kuisioner dan analisis wawancara dengan pihak-pihak terkait dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan testimoni yang digunakan pelaku usaha untuk menarik perhatian masyarakat bertentangan dengan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan UU No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran. Klinik pengobatan mengiklankan produknya dengan kata-kata tidak ada efek samping yang dapat ditafsirkan salah terhadap keamanannya dan menawarkan sesuatu janji kesembuhan yang belum pasti. Hal ini akan berdampak pada pasien yang sudah termakan janji iklan, dimana adanya hak-hak konsumen yang dirugikan karena hal tersebut. Dalam Islam hak-konsumen sangat dilindungi agar terhindar dari kerugian. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa, iklan testimoni pengobatan tradisional bertentangan dengan hukum yang berlaku dan dalam perjalanannya pemerintah dan masyarakat harus berperan aktif dalam proses pengawasan terhadap iklan-iklan seperti ini agar hak-hak konsumen tetap terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Kamaruzzaman, M. Sh; 2. Badri, S.H.I., M.H
Uncontrolled Keywords: Iklan Testimoni, Perlindungan konsumen, Pengobatan Tradisional
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.28 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya dibidang Muammalat, Termasuk Hukum Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Azmii
Date Deposited: 27 Jul 2018 10:16
Last Modified: 27 Jul 2018 10:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item
View Item