Pembelajaran Khat dengan Metode Menjiplak pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Aja Randi Nata, 190202152 (2024) Pembelajaran Khat dengan Metode Menjiplak pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Khat dengan Metode Menjiplak pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pembelajaran Khat dengan Metode Menjiplak pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Aja Randi Nata, 190202152, FTK, PBA (Cover - Bab I).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Pembelajaran Khat dengan Metode Menjiplak pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Pembelajaran Khat dengan Metode Menjiplak pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Aja Randi Nata, 190202152, FTK, PBA (Full).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Setelah peneliti melakukan observasi di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, peneliti menemukan bahwa para siswa berasal dari latar belakang sekolah dasar yang berbeda-beda, dan keadaan ini menyebabkan adanya perbedaan pengalaman dalam mempelajari kaligrafi,. Bahkan banyak di antara mereka yang belum pernah mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode menjiplak untuk meningkatkan keterampilan menulis kaligrafi siswa dan untuk mengetahui aktivitas siswa ketika menggunakan metode dan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design yang diberi nama One Group Pre-Test Post-Test Design. Peneliti juga menggunakan observasi langsung, pre-test dan post-test sebagai metode pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan metode menjiplak efektif dalam meningkatkan kemampuan penulisan kaligrafi siswa setelah peneliti menemukan hasil Wilcoxon Signed Ranks Test sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak karena 0,000 lebih kecil dari 0,05.Aktivitas siswa saat menggunakan metode menjiplak untuk meningkatkan kemampuan menulis kaligrafi siswa masuk dalam kategori “sangat baik”. Karena setelah peneliti menganalisis data dengan rumus, peneliti mendapatkan hasil sebesar 83,3%. Hal ini menunjukkan angka tersebut berada antara 81-100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Aja Randi Nata
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:47
Last Modified: 11 Aug 2025 02:08
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44407

Actions (login required)

View Item
View Item