Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar

Tifani Fatin Afifah, 210205074 (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2): -. pp. 809-821. ISSN 2746-5594

[thumbnail of Membahas Tentang Matematika] Text (Membahas Tentang Matematika)
Tifani Fatin Afifah_210205074_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal uraian literasi numerasi berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan angket gaya belajar dan tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan kepada 34 siswa kelas VIII-X MTsN 1 Banda Aceh kemudian dipilih 2 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dari setiap gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa, yaitu 2 siswa gaya belajar Visual, 2 siswa gaya belajar Auditori, dan 2 siswa gaya belajar Kinestetik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal literasi numerasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi; siswa dengan gaya belajar auditori mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, evaluasi, dan inferensi; siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis dan inferensi.

Item Type: Article
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Tifani Fatin Afifah
Date Deposited: 30 Apr 2025 09:19
Last Modified: 07 Oct 2025 03:48
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44788

Actions (login required)

View Item
View Item