Dinda Anggreani, 200209173 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 05 Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI Bu Misbah April.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
SKRIPSI Bu Misbah April - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar yang kurang optimal. Oleh karena itu dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran interaktif berbantuan media kahoot. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) bagaimana aktivitas guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pembelajaran interaktif berbantuan media Kahoot, (2) bagaimana aktivitas siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pembelajaran interaktif berbantuan media kahoot, (3) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran interaktif melalui media kahoot. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menganalisis aktivitas guru pada penerapan model pembelajaran interaktif melalui media kahoot apakah meningkatkan hasil belajar pada siswa, (2) untuk menganalisis aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran interaktif berbantuan media kahoot apakah dapat meningkatkan hasil belajar, (3) untuk menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran interaktif melalui media kahoot. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1 ) aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase yaitu 83,33% kategori baik sekali dan pada siklus II diperoleh skor 93,05% kategori baik sekali, ( 2 ) aktivitas siswa siklus I diperoleh skor persentase yaitu 79,16% kategori baik, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh skor persentase sebesar 95,83% kategori baik sekali, (3) hasil belajar siswa siklus I diperoleh skor persentase 45,83% kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor persentase 79,16% kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif berbantuan media kahoot dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Dinda Anggreani |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:18 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 04:18 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/44932 |
