Fakrina, 200212043 (2025) Rancang Bangun Animasi 3D Pada Mata Pelajaran Biologi Pada Sistem Pencernaan Manusia Dengan Metode Base E-Learning Menggunakan Aplikasi Blender. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 8 (2). pp. 634-646. ISSN 2621-3052
200212043-Fakrina-jurnal 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Jurnal..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Teknologi informasi berperan penting dalam mendukung aksesibilitas pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Untuk merancang dan membangun animasi 3D sebagai media pembelajaran biologi dengan metode Base Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui visual, interaktivitas, dan kemudahan penggunaan. Pengembangan menggunakan Blender untuk menghasilkan animasi interaktif yang membantu siswa memahami konsep sistem pencernaan manusia secara lebih mendalam, selain itu untuk mengetahui kelayakan merancang animasi 3D pada materi sistem pencernaan manusia dengan metode Base Learning, evaluasi dilakukan pada aspek visualitas, interaktivitas, dan kemudahan penggunaan. Umpan balik dari guru dan siswa tentang efektivitas animasi dalam meningkatkan pemahaman materi akan digunakan untuk menyempurnakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran animasi 3D menggunakan Blender untuk membantu siswa kelas VII SMP memahami sistem pencernaan manusia. Media ini mengintegrasikan teks, gambar, animasi, audio, dan evaluasi otomatis guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi., validasi oleh ahli, serta uji coba dan evaluasi berdasarkan umpan balik pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini valid, dengan skor 91,6% (ahli multimedia), 90% (ahli materi), dan 86% (ahli bidang terkait). Evaluasi kepuasan pengguna menunjukkan 92,14%, membuktikan bahwa animasi 3D meningkatkan motivasi siswa, membuat pembelajaran lebih menarik, efektif, dan efisien. Sebagai rekomendasi, diperlukan peningkatan panduan penggunaan aplikasi agar indikator kualitas media dapat terpenuhi secara optimal.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
| Depositing User: | Fakrina Fakrina |
| Date Deposited: | 18 Jul 2025 04:04 |
| Last Modified: | 09 Sep 2025 09:04 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45002 |
