Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Product Knowledge terhadap Brand Switching Produk Make Up Wardah (Studi Terhadap Mahasiswi FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh Angkatan 2020-2024)

Hayatun Naurah, 200604008 (2025) Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Product Knowledge terhadap Brand Switching Produk Make Up Wardah (Studi Terhadap Mahasiswi FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh Angkatan 2020-2024). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Kualitas produk, Promosi, Product Knowledge, Brand  Switching] Text (Kualitas produk, Promosi, Product Knowledge, Brand Switching)
Hayatun Naurah, 200604008, FEBI, IE, 085167536754.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Kualitas produk, Promosi, Product Knowledge, Brand  Switching] Text (Kualitas produk, Promosi, Product Knowledge, Brand Switching)
Hayatun Naurah, 200604008, FEBI, IE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Industri kosmetik Indonesia, khususnya produk make up mengalami pertumbuhan pesat dengan banyak nya pilihan merek yang tersedia di pasar. Hal ini membuat konsumen sering kali melakukan brand switching untuk memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan dan perferensi konsumen. Brand switching merupakan fenomena yang sering terjadi di pasar yang sangat kompetitif, di mana konsumen berpindah dari satu merek ke merek lainnya. Kualitas produk, promosi, dan product knowledge dianggap sebagai faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan brand switching. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kualitas produk, promosi, dan product knowledge dapat mempengaruhi brand switching pada produk make up Wardah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menggunakan data primer sebagai sumbernya. Jumlah sampel diperoleh melalui metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand switching produk make up Wardah. Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand switching produk make up Wardah. Product knowledge memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand switching produk make up Wardah. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, disarankan bagi perusahaan kosmetik, khususnya Wardah, untuk terus meningkatkan kualitas produk, memperkuat promosi yang menarik, dan memberikan edukasi yang lebih mendalam mengenai product knowledge kepada konsumen. Hal ini dapat membantu menciptakan loyalitas konsumen yang lebih tinggi dan mengurangi fenomena brand switching. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan wawasan yang penting bagi perusahaan make up dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk mempertahankan pelanggan dan mengurangi fenomena brand switching

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hayatun Naurah
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:02
Last Modified: 23 Jul 2025 09:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45029

Actions (login required)

View Item
View Item