Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid Di Kota Banda Aceh

Muhammad Ziqry Amanda, 210602137 (2025) Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid] Text (Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid)
SKRIPSI MUHAMMAD ZIQRY AMANDA 210602137 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid] Text (Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid)
SKRIPSI MUHAMMAD ZIQRY AMANDA 210602137 COVER - BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Muhammad Ziqry Amanda
NIM : 210602137
Fakultas/Prodi : Ekonomi dan Bisnis Islam/Ekonomi Syariah
Judul : Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid Di Kota Banda Aceh
Pembimbing I : Hafiizh Maulana, S.P., S.H.I., M.E
Pembimbing II : Eka Octavian Pranata, S.E., M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Integrasi Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masjid Di Kota Banda Aceh Menggunakan Pendekatan SWOT. Penelitian ini menggunakan metode pendeketan deskriptif kualitatif. Masjid dapat menjadi sumber kekuatan ekonomi yang signifikan jika dikembangkan melalui program pemberdayaan yang terintegrasi karena lingkungan dan layanan Islami yang tersedia di Aceh merupakan alasan utama mengapa wisatawan tertarik untuk mengunjunginya .Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan SWOT. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa potensi yang dimiliki Banda Aceh dalam pengembangan pariwisata halal berbasis masjid dari segi kekuatan adalah Lokasi yang strategis, nilai toleransi, Sejarah dan keunikan, pemandu yang kompeten dan fasilitas yang sangat memadai. Peluang adalah nilai sejarah dan design bangunan yang di miliki oleh masjid. Kendala yang dimiliki dari segi kelemahan adalah, bentrok nya jam wisatawan dengan waktu beribadah, Parawisata yang tidak mematuhi aturan, fasilitas yang rusak. Ancaman nya adalah hilangnya kesadaran bahwa tujuan utama masjid adalah untuk beribadah. Strategi yang digunakan yaitu Strengths Opportunities bertujuan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana, melakukan promosi ke media online yang sesuai dan pemberian informasi secara extra akan syarat dan ketentuan untuk memasuki masjid.

Kata Kunci:
Strategi pengembangan, Pariwisata halal berbasis masjid, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 900 Geography and History > 910 Geography and Travel (Geografi dan Perjalanan, Pariwisata)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Ziqry Amanda
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:11
Last Modified: 14 Aug 2025 08:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45107

Actions (login required)

View Item
View Item