Rahmiyuna Hardisa, 210209147 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Blang Bintang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
SKRIPSI_RAHMIYUNA HARDISA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
SKRIPSI_RAHMIYUNA HARDISA LENGKAP - Copy (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan fokus siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Blang Bintang. Realita di lapangan menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil siswa yang aktif selama pembelajaran berlangsung, sementara sebagian besar lainnya kurang termotivasi dan tidak fokus terhadap materi yang disampaikan guru. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dan menarik untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar belajar siswa. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran aktif Word Square berbantuan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru pada pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar pada kelas IV SD Negeri Blang Bintang; (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru pada pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar pada kelas IV SD Negeri Blang Bintang; (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar pada kelas IV SD Negeri Blang Bintang. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang juga disebut dengan Classroom Action Research. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, angket dan tes. Data ini dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh: (1) Siklus I aktivitas guru mencapai 76,13% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93,18% dengan kategori baik sekali; (2) Siklus I aktivitas siswa mencapai 70,45% dengan kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,00% dengan kategori baik sekali; (3) Siklus I hasil belajar siswa mencapai 46,15%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Blang Bintang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Rahmiyuna Hardisa |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:21 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 04:21 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45160 |
