M. Raski Akbar, 220202114 (2025) Penggunaan Permainan Tataabu' al-Qishshah (Tebak Cerita) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
skripsi raski 1-5 final (yudis).pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
skripsi raski 1-5 final (yudis) - Copy.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
M.Raski Akbar_220202114.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
M.Raski Akbar_220202114_cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan berbahasa Arab, karena sebagian besar dari mereka mengalami kesulitan dalam menangkap ide pokok dan memahami isi teks. Berdasarkan pengamatan awal, peneliti melihat bahwa metode pengajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca tidak sesuai bagi mereka dan tidak mendorong keterlibatan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan "Tataabu’ al-Qishshah" (Tebak Cerita) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di jenjang sekolah menengah atas di SMAIT Al-Arabiyah Aceh Besar, serta untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan permainan ini. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental menggunakan pendekatan "One Group Pre-Test Post-Test Design", yaitu uji coba yang melibatkan pre-test dan post-test pada satu kelompok. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas XI tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Tataabu’ al-Qishshah efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hal ini didasarkan pada hasil uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai 0,001, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan permainan Tataabu’ al-Qishshah dalam meningkatkan keterampilan membaca menunjukkan bahwa 93% memberikan respons positif, sedangkan 7% memberikan respons negatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | M. Raski Akbar |
| Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:32 |
| Last Modified: | 30 Jul 2025 05:39 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45173 |
