Penerapan Media Comic Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Insya’ Muwajjah (Penelitian Eksperimen di MAS Al-Manar Aceh Besar)

Azra Farzana, 200202120 (2025) Penerapan Media Comic Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Insya’ Muwajjah (Penelitian Eksperimen di MAS Al-Manar Aceh Besar). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Comic Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Insya’ Muwajjah (Penelitian Eksperimen di MAS Al-Manar Aceh Besar)] Text (Penerapan Media Comic Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Insya’ Muwajjah (Penelitian Eksperimen di MAS Al-Manar Aceh Besar))
DRAFT SKRIPSI AZRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Penerapan Media Comic Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Insya’ Muwajjah (Penelitian Eksperimen di MAS Al-Manar Aceh Besar)] Text (Penerapan Media Comic Strip untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Insya’ Muwajjah (Penelitian Eksperimen di MAS Al-Manar Aceh Besar))
DRAFT SKRIPSI AZRA - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, siswa di MAS Al-Manar Aceh Besar khususnya kelas 1 kurang mampu dalam mengeluarkan isi pikirannya secara terstruktur dalam bahasa arab dengan baik dan benar. Pembelajaran Insya yang monoton tanpa adanya penggunaan media membuat siswa merasa bosan da tidak termotivasi. Oleh karena itu, peneliti ingin menggunakan media Comic Strip dalam pembelajaran insya’ muwajjah untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan murid dalam proses pembelajaran insya’ muwajjah, dan untuk mengetahui keefektifan penerapan media Comic Strip dalam pembelajaran insya’ muwajjah di MAS Al-Manar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain one-group pre-test and post-test. Peneliti menyajikan lembar observasi, pre-test, dan post-test sebagai instrumen penelitian. Hasil penerapan Comic Strip dalam pembelajaran insya’ muwajjah di MAS Al-Manar mendapat nilai sangat baik, pada aktivitas guru dengan skor 82,1% dan pada aktivitas siswa dengan skor 88,6%. Penerapan Comic Strip efektif pada pembelajaran insya’ muwajjah di MAS Al-Manar dimana hasil tes (Paired Sample T-Test) menunjukkan tingkat signifikansi (sign. 2-tailed 0,000), yang lebih kecil daripada hasil tingkat signifikansi (0,005) yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu, penerapan media Comic Strip dapat meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran insya’ muwajjah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azra Farzana
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:38
Last Modified: 18 Sep 2025 04:38
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45269

Actions (login required)

View Item
View Item