Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 2 Aceh Besar

Ananda Mujiburrahman, 210201010 (2025) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 2 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 2 Aceh Besar] Text (Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 2 Aceh Besar)
Skripsi Lengkap Ananda Mujiburrahman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 2 Aceh Besar] Text (Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MAN 2 Aceh Besar)
Skripsi Lengkap Ananda Mujiburrahman - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik di MAN 2 Aceh Besar masih tergolong rendah. Salah satu penyebab utamanya adalah adanya kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami peserta didik, menganalisis faktor penyebabnya, serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, memiliki minat belajar yang rendah, dan kurang fokus selama proses pembelajaran. Faktor penyebabnya terdiri atas faktor internal, seperti rendahnya motivasi belajar, keterbatasan kemampuan membaca, serta kelelahan fisik dan mental, dan faktor eksternal, seperti kurangnya dukungan dari keluarga, lingkungan belajar yang tidak mendukung, serta penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Untuk mengatasi kendala tersebut, diterapkan berbagai strategi, antara lain pembelajaran kelompok, penggunaan metode permainan seperti tebak-tebakan, serta peningkatan kerja sama antara guru, siswa, orang tua, dan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ananda Mujiburrahman
Date Deposited: 19 Jul 2025 08:39
Last Modified: 19 Jul 2025 08:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45292

Actions (login required)

View Item
View Item