PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PMRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS

Cahya Maisura, 200205023 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PMRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PMRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PMRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS)
Skripsi Cahya Maisura_200205023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PMRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PMRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI MTS)
Cahya Maisura_200205023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran strategis dalam membentuk kemampuan berpikir logis, analitis, dan pemecahan masalah siswa. Namun, pembelajaran matematika di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya pada materi aritmatika sosial, masih menghadapi berbagai kendala seperti rendahnya minat belajar, kurangnya keterkaitan materi dengan konteks nyata, serta terbatasnya inovasi dalam penyajian bahan ajar. Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul serta mendeskripsikan kelayakan hasil pengembangan e-modul berbasis PMRI pada materi aritmetika sosial di MTs. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti 5 tahapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Lokasi penelitian di MTsN 2 Aceh Besar, dengan melibatkan 32 siswa di kelas VII-2 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar kepraktisan oleh guru dan lembar kepraktisan oleh siswa. Hasil dari penelitian ini berupa E-modul Berbasis PMRI pada Materi Aritmatika Sosial di MTs. Hasil kevalidan dari segi isi materi menunjukkan tingkat persentase sebesar 89,5% dengan kategori “sangat valid”, sedangkan kevalidan dari segi media menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,2% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan oleh guru terhadap e-modul menunjukkan tanggapan tingkat persentase sebesar 94,7% yang “sangat praktis”, begitu juga hasil uji kepraktisan oleh siswa menunjukkan tingkat persentase sebesar 92,3% yang “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PMRI pada materi aritmatika sosial di MT yang telah dikembangkan dinilai memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar interaktif dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahya Maisura
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:35
Last Modified: 28 Jul 2025 02:35
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45944

Actions (login required)

View Item
View Item