Tjoet Aghnia Syakila, 190207043 (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva pada Materi Pembelahan Sel Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Bireuen. Jurnal Jeumpa, 12 (1): 11. pp. 113-126. ISSN 2715-4343
Tjoet Aghnia Syakila, Samsul Kamal, Zuraidah et al.-8-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (690kB)
Abstract
Pembelajaran biologi pada materi pembelahan sel di SMA Negeri 1 Kuala Bireuen masih menghadapi kendala, ditandai dengan rendahnya ketuntasan belajar siswa akibat penggunaan media konvensional yang kurang efektif. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan media yang lebih atraktif dan mampu memvisualisasikan konsep abstrak. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran audiovisual berbasis Canva yang layak dan praktis pada materi pembelahan sel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data kelayakan produk dikumpulkan melalui angket validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 72,5% dengan kategori layak , sedangkan hasil validasi oleh ahli media mencapai 91% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, media yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kajian lebih lanjut untuk mengukur efektivitas media terhadap hasil belajar siswa serta potensi pengembangannya pada materi biologi lainnya.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Tjoet Aghnia Syakila |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:32 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 03:32 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/45962 |
