Strategi Guru Dalam Melatih Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Jantho Aceh Besar

Devia Maulida, 140210063 (2021) Strategi Guru Dalam Melatih Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Jantho Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Melatih Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Jantho Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Melatih Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Jantho Aceh Besar)
Devia Maulida, 140210063 (2021) cover- bab 1_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)
[thumbnail of Strategi Guru Dalam Melatih Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Jantho Aceh Besar] Text (Strategi Guru Dalam Melatih Kedisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Jantho Aceh Besar)
Devia Maulida, 140210063 (2021) watermak_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (817kB) | Request a copy

Abstract

Strategi merupakan sebuah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak ditemukan anak yang kurang disiplin pada peraturan yang ada di sekolah. Karena itu penulis mencoba menemukan strategi guru dalam melatih kedisiplinan pada anak dalam setiap kegiatan pendidikan dikelas atau diluar kelas. Kedisiplinan merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik, melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan, atau ketertiban. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan strategi guru dalam melatih kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Kota jantho Aceh Besar meliputi faktor penghambat kedisiplinan anak diantaranya faktor dari dalam diri, faktor keluarga, faktor teman sebaya dan pengaruh lingkungan sekitar. Adapun strategi guru dalam melatih kedisiplinan anak adalah dengan memberi kesempatan pada anak, memberi contoh atau model yang baik, menciptakan suasana yang menyenangkan dan menggunakan berbagai metode yang bervariatif salah satunya adalah metode pembiasaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Devia Maulida
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:23
Last Modified: 31 Jul 2025 04:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46083

Actions (login required)

View Item
View Item