Kecerdasan Adversity Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru PAI di SMPN Kabupaten Pidie

Zainal Abidin, 29173532 (2022) Kecerdasan Adversity Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru PAI di SMPN Kabupaten Pidie. Masters thesis, Pascasarjana Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of Kecerdasan Adversity Kepala Sekolah, Kreativitas Guru PAI] Text (Kecerdasan Adversity Kepala Sekolah, Kreativitas Guru PAI)
04-FULL TESIS ZAINAL ABIDIN-1-38.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (596kB)
[thumbnail of Kecerdasan Adversity Kepala Sekolah, Kreativitas Guru PAI] Text (Kecerdasan Adversity Kepala Sekolah, Kreativitas Guru PAI)
04-FULL TESIS ZAINAL ABIDIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Masih ada guru dalam proses mengajar masih rendah dalam mengembangkan kreativitas di hanya menggunakan metode ceramah dalam memberikan materi kepada siswa. Sehingga ini menjadi masalah bagi sekolah dan seorang kepala sekolah harus dapat memberikan solusi dan jalan keluar terhadap permasalahan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi kecerdasan Adversity kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru PAI dan upaya kepala sekolah dalam peningkatan kreativitas guru PAI, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan Adversity kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru PAI di SMPN Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kecerdasan adversity kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru PAI di SMPN Kabupaten Pidie meliputi pengawasan yang diberikan kepada guru, kepala sekolah melibatkan pengawas sekolah dalam mensupervisi guru, tumbuhnya sikap positif dan optimis, adanya sikap keyakinan, melakukan antisipasi dampak negatif. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru PAI melalui peningkatkan kompetensi guru, memberikan pembinaan, pemberian pelatihan seperti wokshop, k mengikuti kegiatan MGMP dan peka terhadap keadaan guru. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan adversity di antaranya kepala sekolah ada bakat sebagai pemimpin, dan adanya keinginan untuk meningkatkan kreativitas guru, adanya kepribadian yang tegas, kesehatan yang baik, serta adanya keinginan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zainal Abidin
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:02
Last Modified: 11 Jul 2025 04:02
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46086

Actions (login required)

View Item
View Item