Zahrila, 30183842 (2025) Model Pendidikan Karakter Siswa Pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh. Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry.
Zahrila_20183842_cover-bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Zahrila_20183842.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang Model Pendidikan Karakter Siswa pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh. Masalah yang dikaji adalah; pertama, Perencanaan Pendidikan karakter; kedua, Pelaksanaan Pendidikan karakter; ketiga, Implikasi dan model Pendidikan karakter. Fokus kajiannya pada nilai karakter religius, disiplin, mandiri dan tanggung jawab. Jenis penelitian yang digunakan kajian lapangan (field Research), pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Tempat penelitian pada dua Sekolah Dasar (SD) dan dua Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori pendidikan karakter Thomas Lickona, teori pendidikan karakter PHBK (Pendidikan Holistik Berbasis Karakter) Ratna Megawangi dan teori pendidikan karakter Imam Al-Ghazali. Hasil penelitian menemukan, pertama perencanaan pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh, dilakukan melalui penyusunan program pembelajaran, penyusunan dan pengembangan metode pembelajaran, pengembangan bahan ajar, menentukan media pembelajaran dan mengembangkan sistem penilaian, penyusunan roster pembelajaran dan jadwal pembelajaran. Kedua; pelaksanaan pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh dilakukan melalui komponen intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Ketiga; implikasi dan model pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh mendapatkan pemahaman dan pengalaman yang komprehensif tentang nilai religius, nilai disiplin, nilai mandiri dan nilai tanggung dalam kehidupan sekolah, kelurga dan masyarakat. Temuan novelty dari penelitian ini adalah model pendidikan karakter pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Banda Aceh berbasis pada role model atau uswah hasanah.
| Item Type: | Thesis (Doctoral) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Zahrila Zahrila |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:57 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 05:02 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46184 |
