PUTRI MAITANUR, 170204027 (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE,TECHONOLOGY,ENGINEERING AND MATHEMATICS) DENGAN PADA MATERI GELOMBANG DI SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE,TECHONOLOGY,ENGINEERING AND MATHEMATICS) DENGAN PADA MATERI GELOMBANG DI SMA/MA]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Maitanur, 170204027 - Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
![[thumbnail of Putri Maitanur, 170204027 - Watermark_compressed.pdf]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Maitanur, 170204027 - Watermark_compressed.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE,TECHONOLOGY,ENGINEERING AND MATHEMATICS) DENGAN PADA MATERI GELOMBANG DI SMA/MA]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Maitanur, 170204027 - cover s,d bab 1 Watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan analisis awal yang peneliti lakukan di MAN 1 Aceh Besar diperoleh hasil bahwa, dalam proses pembelajaran guru menggunakan bahan ajar terbitan penerbit dan tidak mengembangkan bahan ajar secara mandiri yang dapat membantu peserta didik dalam mempelajari beberapa disiplin ilmu. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbentuk elektronik sehingga mampu menunjang dan meningkatkan pengetahuan peserta didik pada beberapa disiplin ilmu dan dapat di akses dimana saja serta mengikuti perkembangan zaman, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan e-modul berbasis STEM dengan berbantuan aplikasi sigil. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis STEM dan untuk menguji kelayakan produk modul berbasis STEM pada materi gelombang di SMA/MA. Metodelogi yang dipakai pada penelitian ini adalah Research and Development dengan model Four-D dan melalui 4 tahapan yaitu define, design, develop, and disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Desain modul berbasis STEM dikembangkan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (Disseminate). (2) Kelayakan modul berbasis STEM memperoleh penilaian oleh ahli media secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,4 termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase kelayakan 84% dan sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi secara keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,4 dengan persentase kelayakan 84% dengan kriteria sangat layak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Putri Maitanur |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:46 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 09:13 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46249 |