Muhammad Thahir, 201003062 (2024) Pengembangan Buku Pendamping Kitab Matn Al-Ajurumiyah Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Nahwu (Penelitian Pengembangan di dayah Darul Wustha, Aceh Besar). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Tatwir Al-Kitab Al-Musahib Ala Kitab Matn Al-Ajurumiyyah Bi Al-Madkhal Al-Ilmi Li Tarqiyah Qudrah At-Talabah Ala Fahm An-Nahw (Dirasah Al-Bahs Wa At-Tatwir Bi Al-Ma'had Darul Wustha Aceh Besar)]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07-07-25_Tesis Muhammad Thahir 201003062.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Request a copy
![[thumbnail of Tatwir Al-Kitab Al-Musahib Ala Kitab Matn Al-Ajurumiyyah Bi Al-Madkhal Al-Ilmi Li Tarqiyah Qudrah At-Talabah Ala Fahm An-Nahw (Dirasah Al-Bahs Wa At-Tatwir Bi Al-Ma'had Darul Wustha Aceh Besar)]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Muhammad Thahir_cover-bab1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Request a copy
![[thumbnail of Tatwir Al-Kitab Al-Musahib Ala Kitab Matn Al-Ajurumiyyah Bi Al-Madkhal Al-Ilmi Li Tarqiyah Qudrah At-Talabah Ala Fahm An-Nahw (Dirasah Al-Bahs Wa At-Tatwir Bi Al-Ma'had Darul Wustha Aceh Besar)]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
(fixed)_Tesis Muhammad Thahir_cover-bab1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Pembelajaran nahwu di kelas 1 dayah Darul Wustha menggunakan kitab Ajurumiyah yang memuat materi ringkas dan sangat bermanfaat. Saat melakukan observasi, peneliti menemukan bahwa dalam menjelaskan materi materi tertentu, guru harus melihat pada sumber-sumber lain untuk mendukung penjelasan. Di samping itu, pembelajaran yang berjalan juga berpusat pada guru dan kurangnya keaktifan siswa sehingga aspek psikomotorik siswa kurang terlihat, padahal itu merupakan salah satu aspek pembelajaran selain afektif dan kognitif. Untuk meningkatkan keaktifan siswa dan memicu mereka untuk berpikir kritis perlu adanya latihan-latihan dan petunjuk pembelajaran seperti mengamati, bertanya, mencoba, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan hasil pembelajaran seperti yang ada dalam pendekatan saintifik. Hal ini tentunya tidak terdapat dalam sebuah kitab ringkas seperti kitab Ajurumiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengembangan Buku Pendamping Kitab Matn Al-Ajurumiyah Dengan Pendekatan Saintifik, dan mengetahui evektifitas buku tersebut dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami ilmu Nahwu di dayah Darul Wustha. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri di dayah Darul Wustha yang berjumlah 78 orang. Peneliti memilih santri pada kelas 1 A sebagai sampel penelitian yang berjumlah 12 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis menggunakan skala Likert dan data hasil tes dianalisis dengan pengujian Paired SampleT-Test menggunakan SPSS. Adapun hasil penelitiannya adalah: Pengembangan Buku Pendamping Kitab Matn Al-Ajurumiyah Dengan Pendekatan Saintifik melalui model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validitas Buku Pendamping Kitab Matn Al-Ajurumiyah Dengan Pendekatan Saintifik dari validator ahli desain menunjukkan kategori penilain baik sekali dengan jumlah nilai 82,5%. Begitu juga nilai dari validator ahli materi berjumlah 94% dengan kategori baik sekali. Berdasarkan tabel output Paired Sample T-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,01 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan Buku Pendamping Kitab Matn Al Ajurumiyah Dengan Pendekatan Saintifik dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami ilmu Nahwu di dayah Darul Wustha, Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Thahir |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:59 |
Last Modified: | 19 Jul 2025 12:22 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46270 |