Evaluasi Metode Zenius Learning melalui Program Duta Inovatif Indonesia dalam Membangun Self Confidence Siswa

Aulia Dian Miranda, 210213011 (2025) Evaluasi Metode Zenius Learning melalui Program Duta Inovatif Indonesia dalam Membangun Self Confidence Siswa. Education Achievment: Journal of Science and Research, 6 (2): 12. pp. 601-610. ISSN 2774-2784

[thumbnail of Metode Pembelajaran dalam Membangun Self Confidence Siswa] Text (Metode Pembelajaran dalam Membangun Self Confidence Siswa)
ke2 jurnal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi metode Zenius Learning dalam Program Duta Inovatif Indonesia dalam membangun Self Confidence siswa. Metode ini menggabungkan pembelajaran mandiri kolaboratif secara daring (80%) dan luring (20%) melalui pelatihan, penugasan harian, dan proyek sosial., Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis evaluatif untuk mengkaji secara mendalam penerapan metode Zenius Learning dalam Program Duta Inovatif Indonesia. dengan teknik wawancara mendalam dengan pendiri metode Zenius Learning dan alumni program, dokumentasi, serta penyebaran angket sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zenius Learning dipahami sebagai pendekatan yang fleksibel, bermakna, dan memberikan ruang ekspresi serta pertumbuhan kepercayaan diri siswa. Mayoritas siswa merasakan adanya perubahan positif dalam cara mereka menampilkan diri, mengambil peran sosial, dan berinteraksi di ruang digital maupun nyata. Penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan fasilitator dan ruang refleksi sebagai bagian dari keberhasilan metode tersebut dalam membangun Self Confidence secara berkelanjutan.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Aulia Dian Miranda
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:23
Last Modified: 09 Sep 2025 09:08
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46277

Actions (login required)

View Item
View Item