Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Choose Number Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas XI di MAN 4 Aceh Besar Tungkob

Nazuhra Azhani Repositori, 210207061 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Media Choose Number Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Saraf Manusia Kelas XI di MAN 4 Aceh Besar Tungkob. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI DI MAN 4 ACEH BESAR TUNGKOB] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI DI MAN 4 ACEH BESAR TUNGKOB)
Skripsi Nazura repository Cover, Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI DI MAN 4 ACEH BESAR TUNGKOB] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA CHOOSE NUMBER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI DI MAN 4 ACEH BESAR TUNGKOB)
Skripsi nazura repository full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya variasi penggunaan model pembelajaran yang masih dominan digunakan khususnya pada materi sistem saraf pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya perbedaan siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen dalam menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan media Choose Number terhadap
peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf manusia di kelas XI
MAN 4 Aceh Besar Tungkob. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Talking Stick dengan media Choose Number dan kelas kontrol yang menggunakan model PBL, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, lembar angket motivasi, dan
soal tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Pada kelas eksperimen pertemuan pertama mendapatkan hasil peningkatan motivasi yang awalnya tinggi, pada
pertemuan kedua mendapatkan hasil yang sangat tinggi. Sementara kelas kontrol pada pertemuan pertama mendapatkan hasil motivasi yang rendah, pada pertemuan kedua mengalami peningkatan menjadi tinggi. Kedua kelas mengalami peningkatan motivasi, tetapi terdapat perbedaan karena menggunakan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan data ini yang paling bagus motivasinya itu adalah pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi > 0,05, yang berarti Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nazuhra Azhani
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:47
Last Modified: 09 Sep 2025 08:50
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/46444

Actions (login required)

View Item
View Item